Home » » Para TKW PRT Singapura Lulus Kursus

Para TKW PRT Singapura Lulus Kursus

PJTKI, Gresik, PJTKI Gresik
(Berita TKI) - Sebanyak 1784 penatalaksana rumahtangga (PLRT) berhasil menyelesaikan kursus komputer, menjahit, tatarias wajah, Universitas Terbuka, Bahasa Mandarin dan Bahasa Inggris, di Singapura. Ke-1784 PLRT tersebut menyelesaikan pendidikannya pada Program Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kerja (P3K) di Sekolah Indonesia Singapura (SIS).


Para pekerja Indonesia itu berangkat melalui PJTKI RESMI yang melakukan pendaftaran, pendidikan pelatihan dan penerbangan mengikuti prosedur yang di tentukan oleh pemerintah (BNP2TKI).

"Program P3K yang dikelola oleh KBRI Singapura dirintis sejak 2009 oleh Duta Besar RI Wardana yang saat ini menjadi Wakil Menteri Luar Negeri," demikian Duta Besar RI untuk Singapura Andri Hadi. Menurut Dubes, dalam jangka panjang program ini ditujukan untuk menyiapkan PLRT purna penempatan, sehingga pada saat kembali ke tanah air mereka dapat memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh untuk memulai usaha baru.

Disebutkan bahwa program ini mendapat dukungan penuh seluruh komponen masyarakat Indonesia di Singapura, yang dibuktikan dengan adanya beberapa tenaga relawan pengajar dari kalangan mahasiswa, profesional hingga ibu rumah tangga.

Capaian terkini, salah satu program P3K adalah dalam Ujian Nasional Kesetaraan B dan C tahun ajaran 2011 dimana untuk Paket B berhasil meluluskan 37 peserta dari 41 PLRT (90%) dan Paket C berhasil meluluskan 84 peserta dari 88 PLRT (96%).

Jumlah kelulusan ini mengalami peningkatan sangat signifikan dibandingkan jumlah kelulusan tahun sebelumnya yang hanya di bawah 50 persen. Statistik total kelulusan tercatat ada 1784 PLRT sejak program ini dirintis pada 2009.

Menurut Kepala Sekretariat P3K Yaya Sutarya, program P3K dilakukan setiap hari Minggu agar tidak mengganggu kegiatan sekolah formal di SIS, dan pada umumnya para PLRT diberi ijin libur oleh majikan mereka pada akhir pekan.

Metode pengajaran yang diberikan sama dengan penyelenggaraan sekolah formal bertaraf internasional. Media pembelajaran sudah menggunakan e-learning dan kurikulum yang digunakan mengadaptasi kurikulum internasional.

"Sebagai contoh, modul yang digunakan untuk kursus Bahasa Inggris telah mengadaptasi kurikulum Cambridge," ujar Sutarya, melalui Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya Fachry Sulaiman.

Perangkat pendukung seperti e-library dan jaringan wifi yang disediakan oleh KBRI Singapura dinilai sangat membantu para peserta didik mengakses informasi global lebih mudah.

Di samping itu, P3K juga memberikan keterampilan tambahan seperti Bahasa Mandarin, keterampilan berwirausaha, keagamaan dan konsultasi kerja.

"Kegiatan extrakurikuler olahraga, seni musik dan tari diberikan juga kepada para peserta didik sebagai bekal dalam promosi budaya Indonesia," imbuh Sutarya.

Semua kegiatan tersebut kecuali untuk pembayaran uang kuliah di Universitas Terbuka diberikan secara cuma-cuma kepada para PLRT di Singapura. Untuk kelancaran semua Kegiatan P3K ini didukung oleh 26 tenaga pengajar dari SIS dan relawan lokal.

Program P3K dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para PLRT di Singapura agar menjadi pekerja yang kompetitif dan berpandangan ke depan. Selain itu juga untuk mendukung pengetahuan keselamatan kerja sebagai pekerja asing di Singapura.

(prs/PRS/dtc)

(foto : kemlu)



MENU PILIHAN INFORMASI KERJA KELUAR NEGERI

LAKI - LAKI PEREMPUAN

NEGARA TUJUAN
TAIWAN HONG KONG SINGAPURA MALAYSIA
BRUNEI BAHRAIN QATAR CANADA
TIMUR TENGAH JEPANG NEGARA LAINYA




JENIS PEKERJAAN
PABRIK PRT / PLRT WAITER / WAITRESS LAS / WELDER
SOPIR TERNAK /KEBUN CADDY GOLF PENJAGA VILLA
PERAWAT (NURSE) SUAMI ISTRI KONSTRUKSI PELAYAN TOKO
BABY SITTER PERAWAT JOMPO CLEANING SERVICE PENJAHIT
RESTORAN PEKERJAAN LAINNYA


BESARAN JUMLAH GAJI
3 Juta - 5 Juta 5 Juta - 7 Juta 8 Juta - 12 Juta 10 Juta - 17 Juta

BIAYA PROSES
GRATIS / Khusus Wanita PRT 2 Juta 5 Juta sd 10 Juta 15 Juta
35 Juta 50 Juta

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Creating Website
 

Copyright © 2011. PJTKI RESMI TERPERCAYA - All Rights Reserved
Template Modify by
Proudly powered by