Desa Arjowilangun, Kampung TKI Sejak Tahun 80-an - PJTKI RESMI MALANG

Desa Arjowilangun, Kampung TKI Sejak Tahun 80-an - PJTKI RESMI MALANG

 

INFORMASI/PENDAFTARAN HUBUNGI DI WHATSAPP
Wa : 0822-2991-3080
(atau klik gambar whastsapp di atas)

PERHATIAN NOMOR LAMA TIDAK DIPAKAI !!!

Wa : 0856-****-8600
Wa : 0812-****-1898

Desa Arjowilangun, Kampung TKI Sejak Tahun 80-an

Desa Arjowilangun, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang bisa disebut Kampung TKI sejak tahun 80-an. Pasalnya banyak warga desa tersebut yang mengadu nasib ke luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia.

Tradisi berbondong-bondong ‘mencari sesuap nasi’ di negeri orang tersebut dimulai sekitar tahun 1985. Ke sana, mereka bukannya rekreasi, tamasya, liburan, pertukaran pelajar, atau menimba ilmu di universitas luar negeri, melainkan mengumpulkan dollar, riyal, yuan, yen, dan mata uang luar negeri lainnya. Ya, mereka meninggalkan keluarga di kampung halaman demi menjadi pahlawan devisa.

   :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
GAJI 8 s/d 15 JUTA
KERJA KELUAR NEGERI
MELALUI JALUR RESMI - AMAN - TERPERCAYA
Negara Tujuan : Taiwan - Hong Kong - Singapura - Malaysia
Kantor pendaftaran dan BLK di Kota Malang.
Informasi selengkapnya hubungi bpk "Agus Asrori"
Hp & WhatsApp : 0812 3549 1898 (Simpati)
Hp & WhatsApp : 087 858 111 096 (XL)
Hp & WhatsApp : 0856 0802 8600 (Indosat)

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Jauh sebelum para warga memutuskan untuk pergi ke luar negeri, Desa Arjowilangun tergolong salah satu desa yang tertinggal di Kabupaten Malang. Perekonomian warga setempat cukup minim, masih banyak rumah yang berdinding bambu, jalan tidak beraspal, dan konon warga masih memakan tiwul sebagai makanan pokok sehari-hari. Fakta-fakta tersebut memaksa mereka memutar otak bagaimana cara meningkatkan taraf hidup. Kemudian, mereka pun berinisiatif untuk bangkit dari keterpurukan.

Salah satu upayanya adalah dengan merantau untuk bekerja ke luar negeri. Awalnya, Arab Saudi menjadi negara tujuan favorit bagi warga desa ini. Namun pada tahun 1997, negara tujuan mereka berkembang lebih variatif. Mereka tidak hanya ke Timur Tengah, melainkan juga ada yang ‘menjajah’ Hongkong, Korea Selatan, dan Taiwan.

Bagaimana tidak tergiur, jika gaji yang ditawarkan kala itu mencapai 5-7 juta perbulan, yang akhirnya menjadi salah satu daya tarik bagi mereka. Bahkan, ada juga yang bisa mendapat lebih dari itu, tergantung jenis pekerjaannya. Di negeri orang, mereka kebanyakan bekerja sebagai pembantu rumah tangga. Ada pula yang bekerja di industri, pabrik, atau restoran. Demi keluarga yang menanti kiriman uang di rumah, mereka pun memberanikan diri bekerja dengan segala risiko yang mungkin akan dialami.

Sejak gelombang ‘eksodus’ warga ke luar negeri untuk bekerja itu, kondisi perekonomian desa yang sebelumnya terpuruk, perlahan berubah total. Mata uang luar negeri yang mereka datangkan benar-benar sanggup mengubah wajah desa ini. Banyak toko berjejer, rumah-rumah pun berdiri megah berkat, pertukaran rupiah pun berlangsung lebih intens di pasar desa.

Jika Anda kesulitan mencari keberadaan persisnya, Desa Arjowilangun ini terletak delapan kilometer sebelah selatan Bendungan Karangkates yang cukup terkenal. Desa ini dihuni oleh lebih dari 13 ribu jiwa.

Namun demikian, tak selamanya profesi sebagai TKI menjadi tempat warga Desa Arjowilangun menggantungkan hidup. Warga Kampung TKI yang pernah mengadu nasib ke luar negeri menegaskan bahwa biarlah mereka saja yang menjadi TKI, anak-anaknya jangan. Untuk itu, para mantan TKI itu menginvestasikan pendapatan mereka sebisa mungkin untuk anak-cucu. Ada yang memakainya sebagai modal usaha, ada pula yang berinvestasi melalui emas perhiasan, tanah atau properti.

Selain itu, para mantan TKI juga membangun sebuah Koperasi Posdaya Purna TKI yang di beri nama “Senang Hati”. Koperasi yang diresmikan oleh Bupati Malang, Rendra Kresna pada tanggal 4 juli 2012 tersebut menjadi simbol kecerdikan para mantan TKI. Mereka membuka jaringan usaha di luar negeri di mana tempat mereka dulu bekerja. Mereka menjalin hubungan bisnis dengan mitra usaha di luar negeri. Usaha ini dilakukan agar mereka dapat menyalurkan produk lokal asal Desa Arjowilangun yang bisa diekspor. Keberadaannya juga membantu para mantan TKI untuk membuka usaha di desa mereka sendiri.

https://ngalam.co/

LOWONGAN KERJA KELUAR NEGERI
Lowongan, Kerja, Keluar, Negeri, Pabrik, Taiwan
Pabrik
Taiwan
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Perawat, Panti, Jompo, Taiwan
Perawat
Taiwan
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, PRT, Taiwan
PRT
Taiwan
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, PRT, Beby Sitter, Hong Kong
PRT
Hong Kong
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, PRT, Singapura
PRT
Singapura
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, Malaysia
Kerja Ke

Malaysia
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, Brunei
Kerja Ke

Brunei
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, Kanada
Kerja Ke
Canada
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, Jepang
Kerja Ke
Jepang
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, China
Kerja Ke

China
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke Pabrik, Luar, Negeri
 
Kerja
 Pabrik
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Suami, Istri
 Kerja

 Suami Istri

KATA KUNCI GOOGLE :
PJTKI RESMI MALANG, PJTKI RESMI KOTA MALANG, PJTKI RESMI KABUPATEN MALANG, TEMPAT PENDAFTARAN TKI, PJTKI MALANG, PJTKI KOTA MALANG, PJTKI KABUPATEN MALANG, PPTKIS RESMI MALANG, PPTKIS RESMI KOTA MALANG, PPTKIS RESMI KABUPATEN MALANG. BLK TKI MALANG, BLK TKI KOTA MALANG, BLK TKI KABUPATEN MALANG, PENAMPUNGAN TKI MALANG, PENAMPUNGAN TKI KOTA MALANG, PENAMPUNGAN TKI KABUPATEN MALANG, BLK TKI MALANG, BLK TKI KOTA MALANG, BLK TKW KABUPATEN MALANG, PENAMPUNGAN TKW MALANG, PENAMPUNGAN TKW KOTA MALANG, PENAMPUNGAN TKW KABUPATEN MALANG, ALAMAT PJTKI MALANG, ALAMAT PJTKI RESMI MALANG.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PJTKI RESMI TERPERCAYA | All Right Reserved