Peluang dan Mekanisme Penempatan TKI Perawat Indonesia ke Amerika Serikat

Peluang dan Mekanisme Penempatan TKI Perawat Indonesia ke Amerika Serikat

 

INFORMASI/PENDAFTARAN HUBUNGI DI WHATSAPP
Wa : 0822-2991-3080
(atau klik gambar whastsapp di atas)

PERHATIAN NOMOR LAMA TIDAK DIPAKAI !!!

Wa : 0856-****-8600
Wa : 0812-****-1898

TKI, Perawat, Indonesia, ke Amerika, Serikat
Amerika Serikat, BNP2TKI (28/2/19) -- Bertempat di Konsulat Jenderal RI di Chicago dihari terakhir kunjungan Delegasi RI di AS,  dilaksanakan pertemuan dengan CGFNS.

Delegasi dipimpin Deputi Kerjasama Luar Negeri dan Promosi, Elia Rosalina dan beranggotakan lembaga terkait serta perguruan tinggi dari Indonesia bertemu dengan President and Chief Executive Officer, Franklin A. Shaffer; dan Chief Program Officer, Brian J. Carroll.

Franklin A. Shaffer, menjelaskan bahwa lembaganya telah ada sejak tahun 1977. Sementara, Brian J. Carroll dihadapan delegasi RI memaparkan data dan statistik tren kebutuhan perawat di seluruh dunia. Dirinya menyatakan bahwa CGFNS merupakan lembaga non-nirlaba, non-pemerintahan dan bersifat netral dalam urusan imigrasi (immigration-neutral).

Menurut Franklin, CGFNS memiliki misi membantu perawat asing yang ingin bekerja di Amerika Serikat dengan memproses credential evaluation (penyetaraan dokumen akademik) dan certification (ujian sertifikasi).

“Terdapat otoritas yang signifikan pada setiap negara bagian di AS untuk menentukan standar sertifikasi dan kebutuhan administrasi yang diperlukan oleh setiap perawat yang berkeinginan untuk bekerja di Amerika Serikat.” ujar Franklin.

Sementara itu, Elia Rosalina mengatakan bahwa hasil pertemuan Delri dengan CGNFS, telah diperoleh informasi komprehensif terkait proses credential evaluation dan tahapan sertifikasi yang perlu dipersiapkan oleh perawat Indonesia untuk dapat bekerja di AS.

“BNP2TKI bersama Kemenristekdikti dan Kementerian Kesehatan akan mengadakan pertemuan dengan berbagai institusi pendidikan keperawatan di Indonesia dan pihak CGFNS telah bersedia untuk bergabung dalam pembahasan tersebut di Indonesia” ujar Elia Rosalina.

Di akhir pertemuan, dilakukan penandatangan Letter of Intent (Loi) antara BNP2TKI dengan CGFNS serta pertukaran cinderamata oleh kedua pihak.

“Dari hasil diskusi dengan berbagai pihak di AS, kami memperoleh gambaran yang lebih konkrit terhadap peluang dan mekanisme dalam penempatan perawat Indonesia ke Amerika Serikat” ungkap Elia Rosalina. *** (Humas/DH). 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 PJTKI RESMI TERPERCAYA | All Right Reserved