Lampung Timur Kantung Terbesar Pengiriman TKI, PJTKI RESMI LAMPUNG


Lampung Timur Kantung Terbesar Penyaluran TKI Secara umum, Lampung Timur penyumbang mengirim pekerja migran terbesar di Lampung. Lampung Timur daerah penyumbang terbesar pengiriman pekerja migran. 

Total pengiriman PMI dua tahun terakhir mencapai 3.196 orang didominasi sektor informal atau pekerja rumah tangga. Data BNP2TKI tahun 2017-2018, sektor informal lebih diminati PMI perempuan hingga mencapai 18.374 orang, sedangkan laki-laki hanya 39 orang. 

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nuning Sri Rahayu negara yang paling diminati PMI adalah Malaysia. "Malaysia menjadi tujuan negara paling banyak peminatnya karena satu rumpun dan persyaratannya tidak terlalu sulit, meskipun upah yang ditawarkan berkisar Rp 3 juta," imbuh dia. 

Penyebab Lampung Timur menjadi daerah pengirim PMI terbesar di Lampung, sambung dia, karena tradisi. Faktor lainnya adalah masalah ekonomi.  "Tradisi yang berkembang dan menganggap menjadi pekerja migran adalah solusi dari persoalan ekonomi harus dikendalikan lewat program-program yang lebih menjanjikan," imbuhnya. Hadirnya pasar Rintisan TKI di Labuhan Ratu, Lampung Timur adalah solusi agar pekerja migran tak berlama-lama di negeri orang dan kembali mengembangkan kampung halaman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pasar Rintisan Mantan TKI Lampung Timur yang Pernah Berjaya...", 

Subscribe to receive free email updates: