YANG PERLU DI KETAHUI OLEH CALON TKI INFORMAL


BEBERAPA HAL YANG PERLU DI KETAHUI OLEH CALON TKI INFORMAL

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah keputusan perubahan hidup yang penting dan Anda harus mempersiapkannya dengan baik.

HAL - HAL YANG PERLU DI KETAHUI OLEH CALON TKI BARU SEBAGAI BERIKUT :

  1. NIAT
    Niat yang ihklas tulus dari hati nurani sendiri, tidak ada paksaan dari pihak lain.
    Adakalanya pergi kerja keluar negeri karena keterpaksaan kebutuhan hidup terutama kebutuhan ekonomi, tapi sebelum melangkah.... sebelum daftar anda harus berfikir matang dan ihklas tulus menjalani pekerjaan keluar negeri.
  2. IZIN KELUARGA
    Calon TKI harus ada izin dari keluarga, jika status belum kawin atau janda surat izin tertulis di tanda tangan orang tua, dan untuk status kawin surat izin di tanda tangan suami. Surat izin nanti di teruskan ke kantor kelurahan untuk dimintakan tanda tangan dan stempel kepala desa (Lurah).

    Kelurahan / desa sesuai dengan alamat yang tertera di KTP, misalkan calon TKI tinggal di Jakarta dan alamat di KTP di Semarang, surat izin nanti harus dimintakan stempel ke kelurahan / desa di Semarang.
    Pemberi izin orang tua / suami juga sebagai penanggung jawab dalam proses calon TKI.
  3. PERSYARATAN DOKUMEN
    Persyaratan dokumen TKI meliputi :
    1. E-KTP (KTP sementara bagi yang E-KTP nya belum keluar.
    2. Kartu Keluarga (KK).
    3. Ijasah SD, SMP, SMA.
    4. Akte Kelahiran.
    5. Surat Izin Keluarga.
    6. Paspor bagi yang pernah mempunyai paspor (Jika belum pernah punya nanti Paspor di urus di PT).

    Semua dokumen di atas ASLI, jika ada salah satu dokumen yang kurang silahkan konsultasikan terlebih dahulu ke Bpk Agus Asrori.

    Dokumen nanti di serahkan di PT untuk keperluan Proses dan untuk Jaminan Proses dan bisa di ambil lagi setelah potongan gaji biaya proses lunas.

    Pengambilan dokumen boleh diwakilkan keluarga atau bisa juga menghubungi kantor untuk minta tolong di Poskan.
  4. PENDAFTARAN DAN WAWANCARA
    Saat pendaftaran calon TKI diminta mengisi form pendaftaran dan menyerahkan dokumen asli. Setelah itu ada tahapan wawancara untuk mengetahui kesiapan calon TKI menjalankan proses.

    Disaat pendaftaran ini calon TKI diharap menanyakan seputar proses kerja keluar negeri yang akan dijalani yang belum di mengerti. Misalnya gaji, potongan biaya proses dan lain-lain yang sekiranya perlu di tanyakan.
  5. MEDICAL
    Tahapan selanjutnya setelah pendaftaran yaitu medical, cek medical meliputi cek darah, urun, tulang, mata, fisik (tubuh ada kelainan apa tidak), ronsen paru-paru, jantung, lambung dan telinga.

    Semuanya akan di cek kesehatannya terutama mengenai penyakit kronis dan penyakit menular. Bila ada penyakit ringan bisa berobat sambil melanjutkan proses.

    Untuk yang status kawin diminta KB supaya tidak hamil selama proses sampai terbang.
  6. PELATIHAN
    Pelatihan di BLK-LN (Balai Latihan Kerja Luar Negeri) adalah peraturan yang dikeluarkan pemerintah untuk membekali calon TKI khususnya calon TKI Informal PRT Pembantu Rumah Tangga.
    Pelatihan di BLK-LN meliputi :
    1. Pengenalan budaya dan adat istiadat negara penempatan.
    2. Pembinaan mental kepribadian.
    3. Pelatihan bahasa negara tujuan.
    4. Pelatihan tata boga (memasak), pelatihan tata ruangan, pelatihan membersihkan ruangan, pelatihan jaga dan mengasuh bayi, pelatihan menjaga dan merawat orang jompo dan pelatihan mengoperasikan alat-alat elektronik rumah tangga.
    5. Dan ada pelatihan-pelatihan lainnya menyesuaikan kebutuhan negara tujuan.

    Dan Khusus Eks boleh tidak mengikuti pelatihan dengan catatan sudah menguasai bahasa dan pekerjaan di negara tujuan.

    Disebut eks adalah Calon TKI yang pernah kerja di luar negeri dan kembali ke negara asal. Misalnya pernah kerja ke Hong Kong dan kembali ke negara Hong kong ini di masuk kategori EKS.
  7. PENAMPUNGAN
    Penampungan adalah istilah untuk menyebut tempat tinggal selama pelatihan, disitu ada asrama dan BLK-LN menjadi satu dalam satu area. Dipenampungan itu calon TKI dilatih disiplin dan dilatih untuk berpisah dengan keluarga agak nanti saat terbang keluar negeri sudah terbiasa dengan keadaan berpisah dengan keluarga dan bisa fokus bekerja.

    Peraturan penampungan beraneka ragam menyesuaikan daerah dan keadaan calon TKI, ada yang setelah masuk Penampunga tidak boleh pulang sama sekali kecuali ada kepentinga yang sangat penting, ada yang boleh pulang setiap hari minggu, dan ada juga yang boleh laju, maksutnya datang pagi pulang sore setelah pelajaran.

    Untuk calon TKI yang belum punya pengalaman kerja keluar negeri akan lebih baik masuk ke penampungan dan tidak pulang sampai terbang supaya kemapuan bahasa dan ketrampilan lainnya sangat mencukupi untuk bekak di negara tujuan.
    Atau setidaknya masuk BLK yang satu atau dua minggu sekali di izinkan pulang ke rumah (IP).

    Dan bila calon TKI sering keluar masuk BLK istilahnya IP (Izin Pulang), akan mengagung proses dan memperlambat calon TKI dapat majikan, dan bisa terjadi hal-hal yang tidak di inginkan misalnya sakit atau ke celakaan saat perjalanan pulang bahkan bisa membatalkan niat kerja keluar negeri karena masalah keluarag seperti tidak tega meninggalkan anak.
  8. MENJENGUK TKI DI PENAMPUNGAN.
    Bagi calon TKI yang tinggal di BLK-LN/Penampungan ada waktu untuk keluarga menjenguk yaitu di hari Minggu.
  9. PEKERJAAN TKI INFORMAL
    Pekerjaan TKI Informal adalah pekerjaan Rumah Tangga atau biasa disebut dengan PLRT (Penata Laksana Rumah Tangga) atau Asisten Rumah Tangga. Apapun sebutan dan istilahnya yang pasti pekerjaan TKI Informal adalah Pembantu Rumah Tangga yaitu mengurus pekerjaan rumah tangga seperti memasak serta menghidangkan makanan, mencuci, membersihkan rumah, belanja kebutuhan rumah tangga dan mengasuh anak-anak. Di beberapa negara seperti Taiwan, Hong Kong, Singapura pembantu rumah tangga dapat pula merawat orang lanjut usia yang mengalami keterbatasan fisik.

    Didalam peraturan penempatan TKI Informal ada tiga jenis pekerjaaan yaitu Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT), Beby Sitter (Pengaruh bayi/anak) dan Merawat Orang Jompo.

    Didalam prakteknya ada majikan yang menyuruh TKI mengerjakan satu jenis pekerjaan saja, ada pula yang menyuruh TKI mengerjakan  semua pekerjaan. Jika majikan menyuruh mengerjakan semua pekerjaan dan pekerjaan itu masih bisa di toleransi dan bisa anda kerjakan baiknya dilakukan saja. Biasanya majikan menyuruh TKI mengerjakan pekerjaan lainya karena pekerjaan yang satu sudah selesei atau dalam waktu itu tidak perlu di kerjakan. Misalnya pekerjaan TKI di kontrak kerja mengasuh anak usia 7 tahun dan anak itu sudah sekolah, saat anak itu sekolah TKI di suruh manjikan belanja atau membersihkan rumah.
  10. BIAYA PROSES.
    Biaya proses TKI Informal dengan sistem potong gaji, jika ada yang mengatakan Gratis itu gratis di awal yang maksutnya calon TKI tidak perlu mengeluarkan biaya dan semua BIAYA AWAL di tanggung oleh PT dan Agency dengan sistem potong gaji.

    Disini saya tekankan calon TKI harus memahami mengenai biaya proses yang BIAYA AWAL DI TANGGUNG PT DAN AGENCY dengan sistem POTONG GAJI.

    DAN BILA CALON TKI MENGUNDURKAN DIRI DARI PROSES karena berubah fikiran tidak ingin lagi kerja keluar negeri atau karena medical Unfit tidak sehat, atau karena proses di batalkan oleh PT karena calon TKI melanggar peraturan PT, makan calon TKI harus mengganti biaya proses yang telah dijalani.

    Misalnya calon TKI sudah medical, sudah belajar di BLK 1 bulan dan sudah membuat papsor. Maka calon TKI harus mengganti biaya medical, mengganti biaya hidup selama di BLK dan mengganti baiay pembuatan paspor.
Artikel di atas adalah beberapa hal mengenai proses TKI Informal yang perlu di ketahui khususnya calon TKI baru. Secara umum masih banyak hal-hal yang perlu di ketahui oleh calon TKI oleh karena itu bagi calon TKI baru saya sarankan mencari informasi tentang kerja di luar negeri kepada saudara, teman atau tetangga yang pernah kerja keluar negeri.

Dan akhirnya semoga niat dan harapan anda dapat tercapai dengan keberhasilan yang baik.

Informasi selengkapnya hubungi :
Bpk Agus Asrori
Hp/Wa : 0812 3549 1898 (Simpati)
Hp/Wa : 0856 0802 8600 (Indosat) 
 




LOWONGAN KERJA KELUAR NEGERI
PJTKI / PPTKIS RESMI
"Untuk informasi selengkapnya Klik pada gambar atau tulisan di bawahnya"
Lowongan, Kerja, Keluar, Negeri, Pabrik, Taiwan
Pabrik Taiwan

klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Perawat, Panti, Jompo, Taiwan
Perawat Taiwan
klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, PRT, Taiwan
PRT Taiwan

klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, PRT, Beby Sitter, Hong Kong
PRT Hong Kong

klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, PRT, Singapura
PRT Singapura

klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, Malaysia
Kerja Ke
Malaysia
klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, Brunei
Kerja Ke
Brunei
klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, Kanada
Kerja Ke Canada
klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, Jepang
Kerja Ke Jepang
klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke, China
Kerja Ke
China
klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Ke Pabrik, Luar, Negeri
 
Kerja Pabrik
klik disini
Lowongan, Kerja, keluar, Negeri, Kerja, Suami, Istri
 Kerja
Suami Istri
klik disini
Informasi selengkapnya hubungi :
Bpk Agus Asrori
Hp/Wa : 0812 3549 1898 (Simpati)
Hp/Wa : 0856 0802 8600 (Indosat) 
 

 

Subscribe to receive free email updates: